Penelitian Arkeologi Kampung Tua Di Seputaran Raja Basa Lamsel

img_8343

Beberapa hari terakhir ini Tim Balai Penelitian Arkeologi Bandung Jawa Barat mendatangi Lampung Selatan khususnya di daerah seputaran gunung Raja Basa, kedatangan mereka untuk melakukan penelitian di wilayah seputaran gunung raja basa.
Tujuan Penelitian tersebut ialah dalam pemetaan situs pemukiman kuno di sekitar gunung raja basa.
14519801_203868566711127_8211087848719552232_nSalah satu desa yang di kunjungi ialah Desa Kuripan kec.penengahan, di mana para tim arkeolog tersebut menelusuri  bukti situs peninggalan serta keberadaan kampung tua selama masa kejayaan Ratu Darah Putih hingga Raden Intan II.
Selain di wilayah desa Kuripan tim arkeolog juga melakukan penelitian pemetaan di beberapa tempat seperti wilayah Sumur,Merambung,Mulang maya,Negeri pandan,Pematang,Canti dan tempat tempat lainnya.

Dalam kurung waktu  1minggu lebih tim arkeolog sudah mengantongi beberapa catatan penting tentang jejak sejarah serta bukti bukti peninggalan pada kampung kampung tua tersebut.

Senin (17/10) Tim arkeolog  yang di pimpin oleh bp.Nanang Saptono  tersebut melakukan sosialisasi atas hasil yang sudah di capai selama 2minggu di Aula Dalom Kesuma Ratu Hotel Way Urang Kalianda. Kegiatan sosialisasi di hadiri Dinas Pariwisata Dan Budaya Lampung Selatan,serta perwakilan dari warga desa atau kampung yang di kunjungi. Sosialisasi di awali oleh sambutan dan keterangan hasil dari tim arkeolog,lalu di lanjutan dengan sesi Tanya jawab.
img_8340Seperti  yang di  sampaikan Bp.Nanang kepada Admin,bahwa kedatangan mereka adalah tahap awal untuk pemetaan jejak  terlebih dahulu
“Tujuan utama kami Tim arkeologi  ialah untuk pemetaan,pencarian bukti dan yang pasti agar jejak kampung kampung  tua di daerah lamsel khususnya pada masa kejayaan Keratuan Parah Putih hingga masa Kejayaan Raden Intan II tidak hilang dan punah. Ini adalah tahap pertama selanjutnya kami akan kembali guna melengkapi data data kami lebih lanjut”.
Admin (17/10)
img_8335

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.