Memperingati Gugurnya Pahlawan Nasional RADEN INTAN II Lampung

dscn0792

Sebelum Merdeka dan terbentuknya Negara Republik Indonesia,bangsa ini terjajah oleh bangsa-bangsa lain seperti Inggris,Belanda & Jepang. Dalam kurun waktu yang sangat lama,tak terhitung lagi korban yang gugur dalam masa penjajahan tersebut. Namun pada akhirnya 17 agustus 1945 bangsa ini pun merdeka dengan Nama REPUBLIK INDONESIA. Kemerdekaan itu tak terlepas dari para pejuang di seluruh nusantara yang mengorbankan jiwa raga mereka,yang kemudian banyak pemimpin perjuangan tersebut di jadikan Pahlawan Nasional.

Patung RADEN INTAN II

        Patung RADEN INTAN II

Di wilayah Lampung sendiri memiliki banyak sekali pejuang dalam merebut kemerdekaan Negara Republik Indonesia,RADEN INTAN II adalah salah satu pemimpin perjuangan di lampung.
RADEN INTAN II gugur pada 05 oktober 1856 dalam usia muda 22 tahun,karna penghianatan saudara  sebangsanya yang di  pihak Belanda.
Pada tahun 1986 pemerintah Republik Indonesia menganugerahi  RADEN INTAN II  gelar Pahlawan Nasional (Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No.082 Tanggal 23 oktober 1986).

Makam Pahlawan Nasional RADEN INTAN II

      Makam Pahlawan Nasional RADEN INTAN II

Lamban Balak Keratuan Darah Putih

             Lamban Balak Keratuan Darah Putih

Ahli waris Raden Intan II berada di Desa Kuripan Kec.penengahan Lampung Selatan, yang di sebut sebagai “Keratuan Darah Putih”. Hingga kini pihak keluarga menjaga peninggalan peninggalannya dan juga terus melestarikan adat istiadat secara turun temurun yang kini di pimpin oleh Bpk.Erwin Syahrial S.sos gelar Dalom Kesuma Ratu IV.
Dalam rangka memperingati Wafatnya RADEN INTAN II ke-160 yang di lakukan 1 tahun sekali, keluarga besar  Raden Intan II serta para punyimbang,punggawa dan masyarakat Lamsel menggelar  kegiatan Ziarah di makam “Ratu Darah Putih” Desa Kuripan dan Makam “Raden Intan II” di Dusun Cempaka Desa gedungharta kec.penengahan lamsel pada Rabu,05 oktober 2016.

Makam Ratu Darah Putih

                      Makam Ratu Darah Putih

dscn0766

  Punyimbang dan Punggawa Doa Bersama Di Makam                            Keratuan Darah Putih

Seperti yang di ucapakan Bp.Budiman Yakub SE selaku mewakili keluarga besar Raden Intan II,bahwa kegiatan tersebut di khususkan untuk Generasi muda. “kegiatan ini kita untuk kita semua,karna Raden Intan ini milik lampung bahkan indonesia. Acara ini juga di tujukan khusus untuk generasi mudanya  agar bisa mentauladani  Beliau(Raden Intan II).”
Selaku Ketua panitia Acara ialah Bp.Suhari Batin Putra menambahkan bahwa kegiatan tersebut tidak hanya sebatas Ziarah pada 05 oktober tersebut.
“Acara Ziarah kemarin adalah sebagian dari acara saja,masih banyak acara/kegiatan yang akan di laksanakan Bualn November nanti. InsyaALLAH pada acara puncak nanti akan ada pameran peninggalan dari Raden Intan II,agar masyarakat khususnya generasi muda bisa melihat secara langsung peninggalan beliau.kami Mohon Doa dan dukungan dari masyarakat agar acara akbar tersebut bisa berjalan lancar dan sukses dari awal hingga akhir”.
Jumat 07 oktober 2016 pukul 13.00 siang Panitia mengelar musyawarah untuk tindak lanjut acara akbar tersebut,Pada musyawarah itu di hadiri Para Punggawa dan punyimbang Keratuan darah putih dan warga desa kuripan dengan menghasilkan mufakat Peringatan Haul Akbar Raden Intan II pada tgl 16 november mendatang dengan banyak rangkaian acara.
(Admin)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.